Tuesday 26 October 2010

Membuat file geodatabase feature class di ArcCatalog

Hanya sebuah note, sebab saya sering lupa dengan apa yang saya lakukan. Jika ternyata ada yang lebih baik solusinya sangat saya harapkan masukkannya dikomentar. Selamat membaca

Membuat feature class memang sangat mudah dan cepat, bahkan jika memiliki field dan type geometri yang sama kita bisa langsung copas –copy dan paste- pada feature dataset tersebut. Namun hal ini akan menjadi masalah jika ternyata feature class tersebut memiliki field yang banyak dan type geometri yang berbeda.

Bayangkan saja jika ternyata ada 21 field dan beda type geometrinya, dari geometri line diganti menjadi polygon atau area. Coba masukkan feature class terminal, yang memiliki 2 type geometri yaitu point dan polygon. Dalam ArcCatalog kita tidak bisa langsung copas saja di feature dataset, hal ini karena saat kita menggunkan copas… kita tidak bisa mengganti type geometrinya.

Untuk mensiasati hal tersebut, saya menggunakan ArcToolbox. Pada ArcToolbox kita bisa membuat Feature class dari feature class yang sudah ada dan memiliki field yang sama. Caranya pun sangat mudah kita cukup mengakses tool create feature class yang berada di ArcToolboc->Data Management Tools -> Feature Class -> Create feature class.


Setelah kita buka tool create feature cass, akan ada 4 isian.

1. Lokasi yang akan kita gunakan untuk menyimpan feature class yang kita buat.
2. Nama feature class yang akan dipakai
3. Type geometri yang akan digunakan pada feature class baru
4. Sumber feature class yang akan kita gunakan fieldnya.

Dengan begitu kita sudah membuat feature class baru dengan geometri berbeda namun dengan field yang sama.

Semoga tulisan ini dapat membuat saya selalu mengingat apa saja yg sudah saya kerjakan.

No comments: