Tuesday 12 April 2011

buang grub...

Beberapa waktu yg lalu, tepatnya pagi tadi ada anak pkl install linux di flashdisk... hehehe namanya lagi belajar install dia naro grubnya juga di plesdisk.... dia kaget pas plesdisk dicopot ternyata grubnya ga bisa masuk dan ada pesen error 21...
Terus dengan wajah panik dia muter2 gimana caranya biar bisa masuk ke windowsnya tanpa memasukkan plesdisk! setelah mentog sana sini, dia lapor ma yg jadi pendampingnya terus disuruh tanya ane dah buat ngebenerinnya... *emang ane google ya?
Ini sebagai catatan saja buat yang punya masalah sama, semoga menjadi solusi. ane juga dapet di internet kok.

  1. Masukin installer windows dalam ini saya pake XP
  2. Booting dan masuk ke pilihan repair via console dengan pilih 'R'
  3. Kemudian masuk ke windows, jika ada banyak windows, pilih urutan windows yg sesuai, dalam hal ini saya cuma ada 1 jadi klik 1 dan enter.
  4. Login ke windows sebagai administrator.
  5. setelah berhasil login, ketik fixmbr kemudian enter. Jika ditanya yes/no... pilih aja y
  6. setelah itu ketik fixboot, Jika ditanya yes/no... pilih aja y
  7. ohoho karena prosesnya cepat, bisa ulangi langkah 5 dan 6 jika tidak yakin.
  8. Klo dah merasa yakin ketik exit dan masuk deh ke windows..hehehehe

No comments: