Monday, 13 May 2013

[SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season)

Sudah lama sekali saya tidak menonton televisi, selain karena hampir tidak ada waktu... tapi juga karena saya biasanya cuma nonton acara olahraga dan berita... itupun biasanya cuma acara sepak bola dan berita sepakbola :))

Baru semalam saya menemani keluarga nonton tv bareng, kebetulan yg di tonton adalah [SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season) yang saya pikir adalah acara keluarga yang islami... bawa nama2 pesantren gituloh... namun sangat disayangkan setelah menonton sesi pertama sebelum iklan datang, tidak satupun muatan islami yang muncul dalam sinetron tersebut.

Apa yang saya dapatkan dari sesi pertama itu? cuma 3 hal yg mungkin dianggap SCTV sebagai "islam" yaitu bismillah, insyaAllah dan Assalamualaikum!!! Tapi apakah islam cuma dinilai serendah itu sama SCTV dan stasiun TV lainnya? apakah islam hanya dihargai dengan bismillah, insyaAllah, Assalamualaikum dan suara adzan?


Sungguh film2/FTV dan sinetron yg diputar di TV itu betul2 sudah banyak mendeskreditkan Islam, padahal mayoritas pemeluk agama diNegara ini adalah ISLAM!! pada kemana ya orang2nya??

Kenapa saya tulis tidak ada muatan islam dalam [SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season) tersebut? saya akan ambil contoh beberapa scene dalam [SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season) itu.

1. Scene saat pemeran utama perempuan tidak bisa tidur. Dalam scene tersebut digambarkan jika santri itu lebih sibuk memikirkan cinta kepada lawan jenisnya daripada ilmu yg harusnya dicari di pesantren! lha emangnya ga ada kerjaan apa dipesantren sampe mau tidur aja mikirin gituan?
Kemudian, solusi apa yg disampaikan dalam sinetron tersebut?
bukannya memberikan contoh untuk doa sebelum tidur, membaca 3 surat akhir dalam al-quran dan sholat 2 rakaat sebelum tidur ataupun sholat witir... ini malah perempuan yg digambarkan muslimah keluar dari kamar malem-malem! mana muatan islaminya? ini sih kebanyakan budaya galau korea!!!

2. Scene saat pemeran pembantu perempuan menangis teriak-teriak [mau gambarin nangis histeris kali ya] didalam kamar santri!
Astagfirullah, sampe segitunya kah penghargaan untuk para santri di pesantren? digambarkan lebay alay galau? padahal diajarkan saat saudaranya meninggal saja tidak boleh menangis sampe seperti itu, lha ini suami bukan, kakak bukan, saudara bukan, guru bukan... malah seorang santri digambarkan lebay, alay, galau seperti drama korea yg pacaran antara perempuan dengan lelaki! padahal islam tidak mengajarkan PACARAN!!! baca kesini.

3. Scene selanjutnya adalah saat pemeran utama perempuan dan pemeran pembantu perempuan ketemu ditaman malam2.
Apa yg islam ajarkan disini? GA ADA! pertama seorang muslimah tidak diajarkan keluar dari rumah malam2, kalaupun keluar maka harus ditemani muhrim-nya. Kedua, jika ada masalah bukan dengan keluar rumah menceritakan keburukannya sendiri kepada orang lain dan dilakukan diluar rumah, malam2 lagi! tapi justru dengan shalat tahajud dikamar dan menceritakan keluh kesahnya kepada Allah! Ketiga, sutradara mencoba membiaskan cerita dengan membawa-bawa kata Assalamualaikum dan Bismillah, namun esensi dari plot ceritanya adalah Bismillah untuk berebut pacaran dan perhatian cowo kepadanya! Hai para muslimah, jangan diikuti ajaran sesat ini... kalau memang sudah siap maka menikahlah, baca disini...

4. Scene pemeran utama pria menanyakan arti kata CINTA.
Ini dia yang ditunggu remaja perempuan.... its All About Love after All! hahahaha jadi dari awal sinetron [SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season) yang lebay alay galau itu ya ini! CINTA monyet yg membawa-bawa nama islam. Arahnya adalah agar islam digambarkan sempit dalam cinta monyet yg sama sekali islam tidak mengajarkannya!
Ada satu hal yg ingin saya sampaikan, Bohong kalau ada orang yg mengaku mencintai Allah dan Rasulnya diatas segalanya jika setiap menghadapi masalah dan cobaan selalu kembali kepada selain Allah dan Rasulnya alias Al-Quran dan Sunnah!

5. Scene terakhir yang saya kritisi adalah cerita kehidupan keseluruhan dalam [SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season).
Tidak ada satupun kegiatan pesantren yang disampaikan. Tidak ada pengajian, tidak ada sholat, tidak ada menghafal hadis, tidak ada tausiyah dimasjid, tidak ada pelajaran bahasa arab dan lainnya yang biasa kita lakukan di pesantren. SCTV hanya menggambarkan pesantren tempat ketemu perempuan berkerudung yang menenteng-nenteng Al-Quran dengan lelaki gaul, celana pendek, pake anting2 gede, promo headset beat dan snack2 iklannya! fyuh?? apa yg begini layak tonton!

Saya sangat kecewa dengan sinetron2 yg membawa nama islam namun ternyata isinya tidak ada muatan islam sama sekali. Bagaimana mereka menggambarkan islam sangat sempit dan tidak memberikan solusi dalam kehidupan, generasi islam hanya digambarkan anak2 alay, lebay, galau masalah cinta padahal saudaranya di palestin, suriah, chechnya, rohingya sedang dibantai dan mereka tidak memikirkan sama sekali?! ini pembohongan publik dan ketahuilah banyak santri dan anggota rohis yang sangat peduli dengan saudara muslimnya! namun sama sekali tidak disorot oleh televisi.

Apa yang sebenarnya sutradara harapkan? menggambarkan orang yang awalnya buruk dan kemudian menjadi alim setelah masuk pesantren?
Yang mana scene pemuda berandalan menjadi alim itu cuma dua episode terakhir? sedangkan ratusan episode sebelumnya isinya semua menghancurkan akhlak dan pendidikan islam? *geleng2 kepala*

Dari kejadian menonton malam tadi itu, saya jadi terpaksa "mengganggu" adik2 saya saat menonton TV, menjelaskan apa yg islam ajarkan dan sedikit2 mencoba agar mereka meninggalkan menonton acara tersebut. Sebab, jika dilakukan dengan kekerasan saya takut hidayah itu malah tidak sampai.

Dan, buat yang membaca postingan ini saya berharap anda tidak menonton sinetron tersebut, dan yang sudah terlanjur menonton maka sebaiknya cari acara yang lain atau mendingan membaca buku dikamar lebih baik dari itu semua. :) 
Semoga dengan ini semua yang terkait [SCTV] Pesantren & Rock n Roll 3 (New Season) pada sadar dan acaranya segera dihentikan. Aamiin.
Post a Comment