Saturday 8 April 2017

Berkelana di Akibahara

Akibahara Jepang, apa yang pertama kali terlintas dikepala saat mendengar kata Akibahara?
Mungkin untuk generasi saya jawabannya adalah AKB48... hahaha
Terbayang sebelum ke Jepang kalau Akibahara juga merupakan tempat untuk berburu koleksi mainan dan belanja peralatan elektronik. Sebelumnya saya hanya mengetahui di Ginza untuk berburu perlengkapan elektronik. Kebetulan sekali, Jumat kemarin saya berkesempatan mampir ke Akibahara, walaupun sebenarnya tujuan saya awalnya Hibiya setelah sholat jumat. Tetapi karena saya telat 30 menit dan akhirnya sudah tutup, saya putuskan mampir Akihabara sekalian jalan pulang.
Jadi ceritanya saya berkeliling di beberapa pusat perbelanjaan di Akibahara, dan ternyata sedang ada program spring sale dikota tersebut. Isenglah saya melihat-lihat beberapa produk elektronik. Harganya cukup lumayan jika dibandingkan dengan harga di Amazon, maklum saya biasa beli di Amazon selama di Jepang. Beberapa bahkan ada yang terpaut jauh harganya, hingga 15.000 yen!
Jadi ada 3mpat pusat perbelanjaan yang saya kunjungi kemarin, yaitu: Laox (www.laox.co.jp), Yodobashi Akiba (www.yodobashi.com), Sofmap (www.sofmap.com) dan terakhir Labi (www.yamadalabi.com). Oke, langsung aja ya review 4 tempat tersebut.


1. Laox
Lokasi agak jauh dari pintu keluar utama stasiun Akibahara, kita harus jalan sekitar 300-400 meter, tapi ada kok ternyata pintu keluar stasiun yang dekat dengan Laox. Dari semua tempat yang saya sebutkan sebelumnya, disini merupakan tempat yang paling mahal dari semuanya. Bahkan disini harga setelah didiskon 15% pun masih lebih mahal dari Amazon... hadeeehhhh. Tapi, ada 1 kelebihan Laox dari yang lain. Laox memiliki 7 lantai dimana pada lantai paling atas tersedia ruangan khusus untuk sholat. Tidak terlalu besar, sekitar 1.5x2 meter dan disediakan 2 buah sajadah. Sedikit cerita, saya 2x datang ke Laox hanya untuk sholat... tapi ga ngelirik barang jualannya yang extra mahallll!!!

2. Yodobashi
Ini merupakan tempat kedua yang saya datangi. Gedungnya besar sekali, mungkin 2x besar Laox. Super lengkap dan sangat ramai! saya datang pada hari jumat sore dan pengunjungnya padat sampai susah untuk jalan. Disini juga saya ketemu banyak saudara dari Indonesia, sepertinya memang tempat favorit ya. Untuk masalah harga, Yodobashi termasuk murah dan memanjakan untuk turis. Banyak diskon dan tax free untuk turis yang menunjukkan pasport dan juga kartu kredit. Pelayannya juga enak, karena banyak pemuda yang bisa berbahasa inggris. Sebagai pembanding, ada kamera yang di Amazon dijual 72.000 Yen dan di Laox 85.000 yen namun di Yodobashi berani kasih harga 65.000 yen! itu belum potongan jika menunjukkan pasport dan memiliki kartu kredit lho! Tapi tunggu, jangan berhenti membaca, karena ada yang lebih murah dari Yodobashi.. hehehe

3. Sofmap
Saya memutuskan untuk tidak membeli di Yodobashi, karena paket yang saya inginkan ternyata habis alias sold out! Wajarlah ya karena melihat pengunjungnya yang luar biasa ramai dan padat saat itu. Jadi, saya mencoba peruntungan di Sofmap. Sebenarnya saya tidak tahu tentang Toko ini, karena saya sebenarnya iseng search di google dengan keyword 'bic camera' dan diarahkan kesini. Ternyata didalam gedung sofmap ini memang ada afiliasi dengan bic camera, karena pada pakaian pelayannya ada tulisan kecil bic camera. *canggih ya mesin google, edan banget dia ngerti pikiran kita
To the point aja, disini harga bisa dikatakan hampir sama persis dengan di Yodobashi. Tapi ada sedikit yang membedakannya, paling tidak ada 2 hal yang saya lihat. Pertama, walaupun memiliki harga yang sama dengan di Yodobashi, namun sofmap kalah dalam hal program untuk pembeli. Tidak banyak diskon dan bonus ditawarkan, kemudian pilihan barang elektronik juga terbatas. Kedua adalah dijual juga barang 2nd disini, jadi jika ada barang yang murah banget perlu ditanyakan ini barang baru atau second!

4. Labi
Tempat terakhir yang saya kunjungi setelah sholat maghrib. Gedungnya mungkin sama besar dengan Sofmap, juga layanannya mirip dengan sofmap. Ada dijual juga barang 2nd ataupun barang elektronik display yang kemudian dijual. Nah, disini saya membeli kemarin. Kebetulan harga lebih murah 5ribu yen dari Yodobashi. Memang tempat ini tidak sebesar dan selengkap Yodobashi maupun Sofmap, bahkan terkesan sempit dan sulit untuk berjalan melihat-lihat barang pajangan. Tapi, yang membuat Labi menarik adalah harganya yang miring banget dan lokasinya yang tepat dipintu keluar utama stasin Akibahara.

Ya begitulah sekilas tentang berburu barang elektronik di Akibahara. Silahkan mampir ke Yodobashi untuk mencari dan mencoba-coba barang yang ingin dibeli, karena di Yodobashi sangat lengkap, nyaman dan bisa bertanya ke mba2nya yang cantik... hahaha. Jika sudah selesai mencoba-coba, mampirlah ke Laox lantai tujuh. Sholat dulu sebelum memutuskan beli, biar berkah gitu :)
Terakhir, kunjungi Labi, silahkan bandingkan harganya. Semoga bisa dapat yang lebih murah, tapi jangan seneng dulu karena Labi tidak terlalu lengkap, terkadang barangnya ga ready stok. hehehe.
Selamat berbelanja, selamat menikmati Jepang.

No comments: