Tuesday 20 September 2011

Liferay.. Sebuah catatan [1]

Sedikit ngisi blog dengan materi IT ah... hehehe beberapa bulan ini lagi kenalan sama Liferay yg akan digunakan sebagai portal intranet juga portal e-gov. Liferay muncul setelah usulan saya untuk upgrade Joomla sebagai portal intranet 'ditolak' dan akhirnya memajukan Liferay untuk portal intranet.
Liferay sendiri merupakan enterprise portal, klo kata bung wikipedia. Liferay dibangun menggunakan bahasa java, hohoho beda banget sama Joomla yg 'cuma' cms yg dibangun dengan php :) tapi tetep walaupun bersifat enterprise, Liferay ini opensource dan free *disediakan juga versi berbayarnya* sehingga bisa dipake tanpa harus membelinya hohoho *otak gratisan*
So, singkat cerita dipakelah Liferay untuk portal intranet. 2 hal yg menarik setelah donlod aplikasi Liferay ini, yaitu:
1. Liferay di Windows bisa juga dijalankan untuk Linux.
Jadi sebenarnya ada beberapa versi untuk didonlod, seperti paket web server dan sistem operasinya. Saya mendonlod untuk versi windows, karena server menggunakan windows server 2008 64bit. Namun, saya juga butuh untuk development dilokal, yg sayangnya saya pake linux. hehehe karena malas  untuk mendonlod lagi, saya copy saja dan coba jalankan di linux yg versi windows tadi...
Awalny memang ga bisa, saya baca di manualny juga memang harus download yg versi linux jika ingin menggunakan Liferay di linux. Karena masih penasaran dan malas untuk download, saya coba chmod 777 Liferay, dan taraaaa... wkwkwk ./catalina.sh run akhirny itu Liferay up di linux saya yattaaa *hiro heroes mode on*
2. Liferay ini tidak sekedar web cms.
Yaiyalah blame.... kan dari awal emang dah dibilang klo Liferay itu enterprise portal! hahahaha karena itu banyak menu2 yg belum familiar, apalagi saya mempelajari ini juga untuk persiapan karena tahun depan akan ada enterprise portal webcenter dari oracle. Semoga aja belajar dan development Liferay bisa cukup membantu kelak.


Dah dulu, besok kita mulai dengan teknis Liferay. Ato ntar malem klo sempet dah, hari ini segini dulu. Mau lanjut donlod film euy :p

No comments: