Wednesday 26 September 2012

Crucial Conversation di kehidupan nyata...

Tipe setiap manusia memang berbeda-beda, dalam hal ini pribadi seseorang... bagaimana dia melihat sesuatu dan kemudian mengambil keputusan dari semua info yang dia dapatkan.
Ada yg bagaimana dia melihat dan mengambil keputusan lalu menjadi output yang sangat spesial dan berkesan... ada juga yang justru sebaliknya, malah menjadi preseden buruk bagi pribadinya.
Beberapa minggu ini saya mengikuti beberapa rapat dengan orang2 yang berbeda-beda, mulai dari antar bidang dalam pusat, antar pusat dalam satu kementrian, lintas kementrian hingga yg berhubungan dengan lintas negara...
Banyak ilmu yang saya bisa ambil dari beberapa pertemuan/rapat tersebut... dan satu hal yang sangat berkesan karena implementasi dari buku yang pernah saya baca yaitu Crucial Conversation, benar2 terpampang dihadapan saya! Hahaha tadinya saya pikir itu hanya ada didunia seberang yang jauh disana... dan ternyata ada disamping saya sendiri :)
Yang saya maksud adalah dalam buku tersebut, dikatakan bahwa pada setiap diskusi atau rapat atau apapun itu yang melibatkan interaksi antar manusia... akan ada sosok dimana orang yang sangat berperan dan memilki pemikiran yang out of the box, dimana pemikiran itu menjadi solusi dan jalan keluar bagi semua orang yg hadir dan semua yang hadir merasa terwakili dengan apa yang dia sampaikan.
Yang terbaru adalah kemarin saat saya mengikuti rapat trilateral antara BIG, Bappenas dan Kemenkeu. Ada orang yg buanyak ngomong ngalor ngidul dan pada akhirnya malah menjadi perdebatan antar peserta rapat... banyak yang berpikiran sinis dan akhirnya menjadi deadlock... dan entah bagaimana pada waktu yang tepat dan pemilihan kata2 yang tepat pula mungkin wakil dari Bappenas muncul dgn gaya bicara yang datar, santai terarah dan menjadi solve permasalah tersebut... bahkan tanpa diulang bicaranya sang notulen rapat dapat menulis/mengetik dengan tepat apa yang semua disampaikannya.... mantap!
Sayangnya tidak disetiap pertemuan ada sosok seperti ini... coba ada, mungkin semua permasalahan di Indonesia bisa solve dengan segera ya :)
Dan satu lagi hal menarik dari buku Crucial Conversation adalah orang2 seperti diatas itu dapat kita copy cara2nya sehingga apa yang mereka lakukan itu sebenarnya bisa dipelajari! jadi pengen buka buku itu lagi nih.....

1 comment:

Anonymous said...

orang-orang yang menguasai crucial conversation itu langka, bro.. moga noor kelak jadi salah satunya.. aamiin..

#jadi inget niat baca Crucial Confrontation.. bukunya masih tertidur lelap dalam lemari.. :(