Saturday 30 March 2013

Pengalaman perjalanan berkereta api jakarta jogja

Alhamdulillah kesampaian juga untuk bepergian menggunakan kereta api. Untuk pertama kalinya dari jakarta ke jogja menggunakan kereta api, jakarta start dari stasiun senen dan tiba di jogjakarta di stasiun tugu jogja.

Semua proses keberangkatan sangat smooth mungkin karena bukan di saat libur hari raya kali ya... Pembelian tiket kereta bisa dilakukan online di situs kereta api.com atau bisa juga melalui indomart. Alhamdulillah saya menggunakan jasa online dan pembayaran melalui transfer atm.

Satu hal yg perlu diperhatikan adalah kita harus menukarkan struk atm bukti transfer ke stasiun yg kita akan gunakan. Dan disini tetap harus mengantri... Hehehe dan seperti diduga kebanyakan orang, orang indonesia itu buruk sekali kalo udah disuruh antri... Wkwkwk *Tepok Jidat*

Setelah menukar struk transfer atm dgn tiket asli kereta api, maka kita baru bisa masuk ke dalam ruang tunggu kereta 2 jam sebelum keberangkatan. Dan pengalaman saya adalah datang 4 jam sebelum keberangkatan, jadilah saya Luntang-lantung di stasiun senin :'(

Kondisi didalam kereta

Masuk kedalam ruang tunggu kereta anda harus memiliki tiket kereta dan menunjukkan kartu identitas disaat membeli tiket, misalkan ktp, sim ataupun pasport.

Saya termasuk takjub bahwa kereta yg saya gunakan yaitu senja utama jogja kelas bisnis ini sangat bersih dan rapi sekali, walaupun ada beberapa kaca yg retak hehehe.

Hanya saja yg menjadi catatan saya adalah sifat penumpang alias warga indonesia itu sendiri. Kereta yg sudah bersih dan rapi itu menjadi kotor dan berantakan karena ulah penumpang yg tidak disiplin.
Ada beberapa penumpang yg tidak ingin tempatnya kotor karena bekal yg dia bawa dengan cara membuang sampah keluar kereta melalui jendela... Sangat disayangkan sekali, tapi itu juga masih logis mengapa? Karena pihak kereta api sendiri tidak menyediakan tempat sampah di dalam gerbong kereta. Walaupun saya lebih memilih memasukkan sampah kedalam tas daripada membuang lewat jendela keluar kereta.

Pengalaman terakhir yg menjadi perhatian saya adalah dibanyak stasiun saat kereta berhenti untuk menurunkan penumpang, tidak ada pedagang yg masuk kedalam kereta. Ini merupakan tindakan yg baik dan sangat perlu di apresiasi bagi pihak kereta api indonesia.

Sayangnya menjelang sampai jogja alias lewat jam 12 malem... Udah banyak yang masuk kedalam hiks hiks hiks

Oke dah dulu ah dah sampe jogja, mau bobo dulu...

Sent from my HTC


No comments: