Monday, 5 August 2013

Karpet Masjid

Setelah beberapa kali mencoba untuk sholat tarawih dan itikaf di beberapa masjid. Ada 3 masjid yg memiliki karpet berkualitas baik menurut saya.

Karpet berkualitas baik untuk masjid menurut saya harus memenuhi beberapa poin berikut:
1. Tebal dan empuk. Ini penting banget, ga asyik kan kan karpet tipis dan keras...
2. Tidak banyak motif. Ini juga penting, karena semakin banyak atau karpet dengan motif yg beraneka ragam itu lebih sering menghilangkan konsentrasi atau kekhusyukan shalat. Terkadang kita lebih sibuk melihat motif karpet daripada fokus mendengarkan bacaan imam shalat.
3. Terdapat tanda shaf. Tanda ini sangat terasa sekali manfaatnya saat shalat dengan banyak jamaah. Karena saat semakin melebar maka makin sulit meluruskan jamaah. Dan, tanda shaf ini menjadi sangat penting pada beberapa kasus masjid yg kiblatnya serong alias miring.
4. Terakhir menurut saya, karpet yg baik itu tidak terdapat pembatas individu. Ada karpet yg familiar di banyak masjid biasanya berwarna hijau dengan gambar masjid yg abstrak, dimana ada batas antar jamaah satu dengan lainnya yang mana jarak antar jamaah jadi renggang. Karpet jenis ini biasanya menjadikan keadaan shalat tidak rapat antara individu yg satu dengan lainnya, hal ini mungkin karena merasa tiap individu telah ditetapkan "wilayah" nya sehingga menjadi tabu saat tumit jamaah yg satu menyentuh tumit jamaah lainnya.

Dengan empat poin tersebut maka 3 masjid ini menjadi favorit untuk kualitas karpetnya. 3 masjid tersebut adalah masjid Al-Ishlah di DitBekAng, masjid Darul ihsan di bumi sentosa dan masjid Az-Zikra di sentul.

Nah, kalo pengen sholat dengan karpet baru yg empuk dan tebal dari ketiga masjid tersebut, maka masjid Al-Ishlah itu yg paling oke. Tapi kalo pengen yg isi kajian dan kualitas shalat yg paling oke... Maka datanglah ke masjid Az-Zikra.. disini witir aja bisa sampe setengah jam sendiri. Hehehe

Oke itu dulu sharenya... Kalo ada koreksi dan tambahan untuk masjid sekitar cibinong, kabupaten bogor dan kota bogor mohon di share ya :-)

Sent from my HTC


Post a Comment