Friday 18 March 2011

Menata waktu [berantakan...]

Walaupun judulnya hampir mirip dengan yang dulu, namun ini sebenernya ini beda dgn yang itu. Kali ini mungkin lebih karena berantakannya sistem pembagian waktu yg saya alami ditahun 2011, padahal sejak awal sudah saya perkirakan akan ada load pekerjaan yang sangat besar masuk... yang tidak lain dikarenakan mulai berjalannya loan dari JICA untuk kantor saya.
Sebenernya klo dirunut bukan pekerjaanya yang banyak *walaupun emang nambah banyak* namun bagaimana bisa mengatur pekerjaan itu agar selaras dengan hidup. Selain dari berbagai latar belakang itu, penempatan kerja saya yang tidak berdasarkan bidang, tapi langsung di bawah koordinasi kepala pusat membuat semua bidang bisa memerintah saya dengan landasan hukum... *halah lebay ga sihhh..

Dikantor saya ada 3 bidang yang masing2 sekarang memberikan load pekerjaan ke saya *walaupun pada dasarnya kerja tim* tapi you know lah klo dikantor pemerintah mah gimana.... dulu saya cuma di bidang jaringan, jadi loanya g jauh2 dari hal itu... tapi sekarang ada jaringan, metadata dan basisdata. Dimana masing2 bidang memberikan tugas yang berat, yang sebagian adalah dibawah pengawasan UKP4.
Sekarang jaringan dibagi dalam core of competency menjadi 5 seperti database, aplikasi, jaringan, data center, dan hardware.. nah saya masuk aplikasi. Diaplikasi ada load pekerjaan e-gov, saya dapet intranet, helpdesk dan e-procurement... untungnya e-procurement bekerja sama dengan LKPP sehingga ga berat2 amat. Sayang untuk 2 yg lain harus masuk pengembangan...wkwkwkwk
Sedangkan dibagian metadata, dengan adanya pergantian pejabat baru maka banyak juga berubah policy yang ada.Saya termasuk yang kena perubahan policy itu, menimbang bahwa saya masuk dengan latar belakang opensource... maka saya dimasukkan untuk pengembangan aplikasi spasial opensource yang nantinya untuk mensupport daerah yang memiliki dana terbatas... ga mungkin kan daerah membeli aplikasi senilai 34miliar! wong kantor saya aja pake loan japan untuk mewujudkannya. ckckckck
Sehingga dari bidang metadata saya dan kawan2 diminta mengembangkan database postgre, untuk geoshare dan geonetwork dengan aplikasi spasialnya menggunakan Quantum GIS.
Fyuh... dan dari bidang terakhir adalah basisdata, disini saya dan kawan2 harus menyiapkan fundamental dataset untuk geodatabase... dimana ini merupakan core dari data spasial kantor saya kelak! klo sampai geodatabase ini bermasalah bisa kena penalti sama ukp4,,, sebab ukp4 mengawasi langsung proses ini... pusing deh ah...
Semua hal ini membuat banyak pekerjaan yang harus saya bawa kerumah dan lembur di weekend, tidak hanya itu.. banyak pantangan juga akhirnya saya langgar.. seperti minum kopi pada malam dan siang hari... padahal dari kecil itu adalah hal yg paling saya jauhi selain rokok! wkwkwk emang beda dengan tetangga yg saya kenal semasa kuliah bisa ngopi ber tong2 sehari...wkwkwkwk piss ahh...
Berharap kedepannya ada yg bantu dirumah, paling ga mijetin dan tersenyum didepan pintu menyambutku pulang dari kantor. :-D

4 comments:

Anonymous said...

saya "nyambung" dengan tulisannya hanya paragraf 1, 2 dan terakhir.. 8->

casmadi said...

1. Sempurnakan separuh agamamu sobat,
2. Bersyukur, Untuk rasa lelah, capai dan penat di penghujung hari,
karena itu artinya dirimu masih mampu bekerja keras
3. Tetep semangat...

Anonymous said...

sepakat dengan yang di atas ane, gan... ^^

Unknown said...

idem ma atas ane juga...