Monday 14 June 2010

Tunnel dan Virtual Private Network (VPN)

heu..heu... kudu belajar ilmu baru... minggu depan 14 departemen mau test jaringan ke bakosurtanal, gimana ini?? kata atasan siapin tunneling yang bagus buat VPN... haduh,... apaan sih itu.. binun aku...hiks..hiks..hiks... tapi kudu semangat, ini ilmu baru yang menantang saya...ganbatte...

Intinya tunneling adalah suatu cara membuat jalur private dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga, dalam hal ini pihak ketiganya adalah ISP (Internet Service Provider). Yang secara sederhana ada yang menggambarkan sebagai berikut:




Lalu, VPN sendiri itu apa? ada yang mengartikan Virtual Private Network atau yang sering disebut sebagai VPN, adalah sebuah jaringan Private yang menggunakan infrastruktur telekomunikasi Publik untuk saling bertukar informasi. letak keunggulan VPN secara sederhana ada 2 hal penting yaitu:
  1. Mengamankan Komunikasi antara jaringan LAN Private perusahaan melalui beberapa media seperti :
    •  Public Network
    • Lease Lines
    • Wireless Link
  2. Sumber daya perusahaan seperti informasi penting, data, email, server dapat diakses secara aman oleh users yang memiliki hak untuk meng akses dari luar (seperti rumah).
yah sementara kek gitu dulu yah... klo teknisnya ... aku juga lagi sinau... xixixi jadi malu nulis ini nih...ganbatte...

    4 comments:

    Unknown said...

    Terusin, ane nyimak soale jg lom tau... :)
    *student_mode=On*

    Unknown said...

    wah nyindir aku kie... aku lagi pindah bidang... jadi ga nerusin proyek tunneling vpn..xixixi parah yah..

    Unknown said...

    Wah, batal belajar niy, gurunya aja pindah bidang lagee.. B-)

    Hm, pindah-pindah gtu mayan umum, trjadi di mana-mana; juga fenomena baru belajar pas mo ngerjain proyek/tugas. Mungkin inilah salah satu sebabnya kenapa negara ini "agak" semrawut. Rusak siy ngga, cuman semrawut.. ;-)

    Unknown said...

    mungkin karena saya harus belajar dengan hal baru yang akan memakan waktu lama, makanya di pindah bidangkan... heu..heu..heu.. ketauan baru tau tunneling vpn euy...*ditendang*