Friday 29 June 2012

Amarok music player...

Menggunakan Amarok memang lebih jauh menyenangkan daripada Rhythmbox...
Saat instalasi ubuntu pertama kali, untuk music player pasti akan dibawakan default Rhythmbox! karena memang desktop bawaan dari ubuntu sendiri adalah Gnome... dan untuk pecinta musik yg sudah terbiasa menggunakan amarok mesti akan merasa ada banyak hal yg hilang jika menggunakan Rhythmbox.
Amarok sendiri merupakan player bawaan dari KDE, sehingga perlu diinstal untuk bisa menikmati aplikasi Amarok diatas Gnome. Cara instalasi termudah Amarok adalah menggunakan Synaptic Package Manager... dan kemudian search "Amarok" seperti gambar dibawah:

Saran saya, sebaiknya Rhythmbox di uninstall saja... lebih kepada menghemat HDD sih, bukan lainnya :)

Kenapa saya memilih Amarok? dan bukan bawaan default dari Ubuntu? 
Ada banyak kelebihan yg dibawa oleh Amarok, dan itu tidak semudah yg ditawarkan oleh Rhythmbox... integrasi juga UI yg indah juga menjadi pertimbangan,
Dengan amarok kita bisa melakukan sinkronisasi lirik lagu, mencari informasi tambahan dengan wikipedia, dan bahkan mencari foto2 dari sumber internet mengenai artis terkait. Coba lihat gambar dibawah ini:

Oia, bagi user dimana kantornya menggunakan proxy untuk akses internet. Biasanya akan mengalami kesulitan saat mengakses resource internet menggunakan fasilitas kantor. Pada pada sistem network sudah kita berikan akses proxy untuk semua environment. 
Ada trik sederhana mungkin yg bisa digunakan untuk dapat mengakses internet melalui amarok. coba code dibawah untuk mensetting proxy pada amarok:

  • Edit file  ~/.kde/share/config/kioslaverc
  • Bersihkan semua konfigurasi yg ada atau berikan komen dengan memberi tanda # disetiap awal kalimat
  • masukkan code berikut: 
 Proxy Settings][$i]
ProxyType=1
ftpProxy=http://username:password@proxyserver:port/


Selamat menikmati musik dan jangan lupa sholat tepat waktu yah :)

No comments: