Thursday 14 June 2012

Catatan Kolong Meja

Wah ternyata dah hampir setengah tahun ane hiatus diblog nih...hahaha pantesan banyak sarang laba2 dan kotoran cicak dimana-mana.... 
Pagi-pagi emang paling enak klo ga ada bos dikantor...bisa ngeblog lagi jadinya,,, *diiringi you're beautifull acoustic by Sabrina* goyang kepala, perut manggut-manggut...
Iyesss hampir setengah tahun ga nulis diblog, dan kali ini nulis tentang "sedikit" cerita dari berbagai perjalanan selama hampir setengah tahun ini. Hal yg ingin saya bagi kali ini mengenai disiplin, terutama dikalangan PNS... karena perjalanan saya selama ini banyak berkunjung ke berbagai kantor pemerintahan daerah.
Seperti sudah menjadi rahasia umum, bahwa PNS selalu mendapat stigma negatif bahwa mereka itu pemalas, tidak disiplin, dan biasanya ga profesional. Dan selama kunjungan saya kedaerah... hal itu banyak benarnya.

Saya yg biasa datang kekantor jam 7.30, dan biasany cuma ditemani oleh Office Boy (OB) dan nanti sedikit rame jika jam sudah menunjuk pukul 09.00... hal ini berlaku lebih sadis didaerah... saya datang kesana jam 7.30 dan seperti biasa dijamu satpam dan OB... nanti jam 10 atau jam 11 baru deh bisa ketemu sama yg berkepentingan...
Ruangan banyak yang kosong, entah karena gedung yg terlalu besar sehingga nampak kosong.... ataukah banyak yg kerja lapangan sehingga kantor nampak kosong. Saat sudah duduk dimeja yg pertama dibuka adalah facebook...kemudian pergi kebelakang bikin teh/kopi... ngobrol ngalor ngidul dan ga terasa jam istirahat makan siang tiba... wkwkwk nikmatnya dunia...
Dengan sistem kerja seperti itu wajar saja stigma itu terus melekat...Pantesan aja ini bangsa ga maju2... pekerjanya masih saja seperti ini...*nangis....
Tapi, ketahuilah diantara ratusan orang yg saya temui selama perjalanan kedaerah ada beberapa orang dan bahkan sangat sedikit yg amanah dengan tugasnya... mungkin klo sekarang yg ngetren adalah pak dahlan iskan diantara ratusan anggota DPR dan mentri yg ga jelas.
Orang ini biasanya datang paling pagi dan pulang paling malam. Pernah suatu ketika saya ke Palembang, beliau datang jam 7 untuk menyiapkan setting jaringan dan mengatur semua kebutuhan IT saya selama disana... kami melakukan setting ruangan, jaringan, hardware juga aplikasi dari jam 7 pagi hingga pukul 11 malam... sejujurnya saya sempet tidak enak hati pada beliau, dan sempat menanyakan "pak, klo memang lelah pulang duluan gpp. nanti kami yg akan merapikan dan lapor ke satpam." dan beliau menjawab "tenang mas, saya sudah biasa kerja begini disini, "
Ah dalam hati, masa iya sih dah biasa... karena penasaran saya ngecek ke sistem absensi kantor itu...dan memang dia masuk ga lebih dari jam 7.30 dan pulang paling cepat 17.30, itupun jarang jam segitu... Dan itu tidak hanya dipalembang...hampir disetiap daerah ada 1 atau 2 orang yg seperti itu.... seperti di Manokwari juga di Aceh.
Dan karena jumlah mereka yg hanya segelintir orang, selalu kalah dengan yg ratusan/ribuan yg hanya datang untuk makan siang dan numpang ngerokok dikantor.
Terkadang terpikir apakah pantas orang-orang itu mendapatkan remunerasi? apakah remunerasi akan mengubah sifat2 buruk mereka itu?
hm.... Semoga Allah memilihkan putra putri terbaiknya bagi bangsa ini... dan para PNS itu yg masih dalam kekurangan diberikan kesadaran akan amanahnya terhadap bangsa ini :)

4 comments:

STARSNAPSHOT said...

ga tanya sekalian.. pak, punya anak perempuan single ga? gitu..

Anonymous said...

hehe.. remunerasi hanya satu dari sekian cara yang seharusnya dijalankan secara simultan agar kualitas sdm meningkat.. dan satu cara lain, yang menurut saya sangat penting, adalah keteladanan sang pemimpin.. itu yang sulit kita temui saat ini.. :-|

Unknown said...

@mbae: hahaha alhamdulillah aku dah punya :p
@purple: *listening moe*

STARSNAPSHOT said...

haaaah.. km udh punya anak perempuan single???