Thursday 28 June 2012

Budayakan membaca...

Dengan membaca saya menjadi tau betapa ilmu yg saya miliki itu sangat sedikit... 
Hampir sebulan ini saya meniatkan diri untuk membuat habits baru setelah sholat subuh, ini merupakan efek setelah saya membaca buku ustad Felix Y. Siauw yg berjudul "How To Master Your Habits". Biasanya setelah subuhan, saya kelonan lagi sama guling... sampe sekitar jam 07.30an karena rumah sama kantor deket jadi berani kelonan sampe jam segitu...hahaha

Namun setelah membaca buku itu, saya ingin merubah habits atau kebiasaan saya.. walaupun sebenarnya saya sudah diingatkan bahwa:

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634). ‘Azhim Abadi rahimahullah, penulis ‘Aunul Ma’bud menjelaskan hadits tersebut, “Yaitu maksudnya adalah melaksanakan shalat Shubuh dan ‘Ashar secara rutin. Dikhususkan dua shalat ini karena waktu shubuh adalah waktu tidur dan waktu ‘Ashar adalah waktu sibuk beraktivitas dengan berdagang. Barangsiapa yang menjaga dua shalat tersebut di saat-saat kesibukannya, tentu ia akan lebih menjaga shalat fardhu lainnya karena shalat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Kedua waktu tersebut juga adalah waktu yang dipersaksikan para malaikat malam dan siang. Pada waktu tersebut amalan hamba diangkat dan sangat mungkin saat-saat itu dosa diampuni karena dua shalat yang dilakukan. Akhirnya, ia pun bisa masuk jannah (surga).” (‘Aunul Ma’bud, 2/68)

Tapi entah kenapa setelah memaca buku itu menjadikan saya ga enak hati lagi untuk tidur selepas subuh.
Efek tidak tidur selepas subuh ini membuat saya mencari kesibukan lainnya, dan pilihan jatuh pada membaca Qur'an dan Buku... tadinya sih pengennya sepedaan...lantaran ternyata dingin banget ga jadi dehhh...hahaha
Dalam beberapa hari membaca, awalnya ngantuk banget... bener2 dah mata susah banget diajak kompromi... baru 1 halaman bawaannya dah ngeliatin guling mulu. untungnya sih gengsi masih tinggi jadi lanjut bacanya :))
Namun, satu hal yg menjadi poin tulisan saya kali ini adalah bahwa membaca buku ternyata banyak membuka pengetahuan baru.. banyak hal baru yg diketahui... dan saya kok yakin setiap buku yg dibaca membawa pengetahuan baru! 
Jujur, walaupun saya khatam beberapa kali qur'an... namun artinya jarang saya baca. Dan saat saya mulai membaca dalam beberapa hari ini sungguh banyak hal baru yg saya ketahui...selama ini saya hanya tahu saat kajian atau mendengat kultum dimasjid-masjid.
Kata orang "malaysia itu rata2 baca 10 buku/thn, eropa 20 buku/thn, jepang 40 buku/tahun, indo? >> gak sampe 1 buku/th"
Walaupun saya punya temen yg sebulan aja bisa makan buku 3-8 buku :)) tapi sindiran diatas itu mungkin berlaku untuk mayoritas bangsa kita.
Nah, mari kita bentuk habits membaca buku mulai dari sekarang! saya sarankan setelah sholat subuh... lebih asyik, tenang dan masuk yg dibaca :)
Selamat membaca semua :)

2 comments:

Anonymous said...

Nice... Very inspiring.. :)

Unknown said...

ahihihi nyontek blog ente kok juragan :)