Wednesday 27 June 2012

Yah....Basah dehhh...

Beberapa minggu yg lalu saya mendapat tugas ke Manokwari, Papua Barat. Perjalanan dari jakarta sekitar jam 23.15 WIB dan sampai di manokwari jam 11.00WIB/ 09.00 WIT.
Cukup panjang memang perjalanannya, karena beberpa kali delay di makassar dan sorong... tapi overall lancar... Hal yg ingin saya bagi kali ini adalah pelayanan di Pesawat selama perjalanan.
Saya akan bandingkan antara 3 maskapai penerbangan yah... Garuda, Batavia dan Lion Air. Kebetulan saya sering naik Garuda...karena dari kantor itu tiketnya... Namun saat ke Manokwari kemarin saya berangkat naik Batavia. Perjalanan berangkat ini tanpa ganti pesawat, jadi hampir 11 jam saya duduk pesawat... baru pertama kalinya duduk selama itu, sampe kaki, badan juga leher pegel-pegel semua.

Selama 11 jam perjalanan itu, hampir tiap transit kita dapat roti dan minum aqua gelas...kecuali saat pagi mau ke sorong kita dapat tawaran teh/kopi hangat... yang sayangnya karena mbak-nya terburu-buru menjadikan teh hangatnya tumpah ke pangkuan saya... hiks..hiks... tadinya mau menghangatkan eeee... malah jadi kedinginan karena celana dan baju basah kuyup karena kesiram air teh.
Kemudian, ini yg paling membedakan... antara Batavia dan Lion Air.
Saat pulang saya menggunakan jasa Lion Air, dimana dari Manokwari naik Wings Air dan transit di Makassar untuk berganti pesawat menggunakan Lion Air. Sepanjang perjalanan pulang dari manokwari sampai ke jakarta itu, tak sekalipun penumpang diberikan snack...bahkan untuk sekedar air minum...
Bayangkan betapa kering dan laparnya kami selama menggunakan Lion Air... hampir 11jam di angkasa dan tidak diberikan apapun!!! bener2 pelayanan yg buruk menurut saya.
Batavia masih lumayan memberikan roti+minuman gelas.... dan itu diberikan setiap kami transit, jadi hampir 4 kali kami makan roti angin itu. lumayan untuk ganjel perut. Tapi, Lion Air???? tak sekalipun.... kelebihan lion Air hanya pada pramugarinya yang memang muda2 dan cantik2  yg dipaksa pake rok 10cm diatas lutut!!! paraaahhhh...
Bagaimana dgn Garuda? garuda memang layak mendapat yg terbaik untuk catatan ini. Dia, tidak hanya memberikan snack... tapi juga Makanan dan minum yg sehat/berkelas,,, tidak sekedar roti angin :)
Bahkan untuk perjalanan yg pendek seperti Jakarta-Jogja yg hanya ditempuh 30menit, Garuda memberikan Roti ukuran besar juga jus yg sedap... hal yg tidak terbayang klo naik lion air.. jalan 11 jam aja ga dapet apa2! apalagi cuma jalan 30menit!
Saran saya untuk para penumpang pesawat, terutama bagi yg pertama kali ingin menggunakan jasa pesawat. Anda sebaiknya tidak menggunakan Lion Air... anda akan kelaparan kalo naik itu. Tapi klo memang dana tidak mencukupi, maka naik Lion Air gpp... asalkan bawa bekal ya... nasi padang paling ga :)) met berlibur dan mudik semuaaaaa....

No comments: