Sunday 8 December 2013

Berkendara saat hujan

Berbagi pengalaman berkendara hari ini.
Dalam perjalanan pulang dari bekasi hari ini, hujan turun dengan deras sekali. Banyak pengendara motor memilih menepikan kendaraannya daripada menerobos hujan, mungkin dikarenakan mereka tidak memiliki jas hujan atau ada alasan lain entahlah.
Namun, bagi saya lebih memilih untuk terus lanjut saja menerobos segala halangan dan rintangan. Hehehe karena kebetulan saya sedia jas hujan sebelum hujan :-)

Yang ingin saya share adalah, pentingnya konsentrasi dan berhati-hati dalam berkendaraan disaat hujan.
Dalam perjalanan pulang dari bekasi ke cibinong hari ini, saya hampir saja mengalami kecelakaan. Penyebabnya sederhana karena 2 hal tadi. Tidak konsentrasi alias fokus dan tidak hati-hati.

Saya tidak konsentrasi karena sambil berkendara mendengarkan tilawah dengan keras, sehingga mungkin ada yg mengingatkan saya namun saya tidak mendengarkan! Dan yg pasti, saya lebih fokus pada mendengarkan tilawah daripada memperhatikan kondisi lingkungan jalan.
Kedua, saya tidak hati-hati dalam berkendara. Jalur bekasi-cibinong merupakan jalur yg pertama kali saya lalui menggunakan motor, seharusnya saya tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi alias diatas 80 km/jam. Apalagi kondisi sedang hujan deras, sehingga menyebabkan lubang dijalan tertutup oleh air hujan dan ini mengakibatkan resiko kecelakaan yg tinggi.

Pesan saya adalah konsentrasi dan hati-hati dalam berkendara, apalagi saat hujan tiba. Hal ini karena jalanan banyak yg berlubang, jika kita berkendara apalagi dgn kecepatan tinggi. Maka resiko kehilangan kendali atas kendaraan yg mengakibatkan kecelakaan adalah sangat tinggi.
Demikian, semoga menjadi renungan bersama. :-D

Sent from my HTC


No comments: