Tuesday, 3 July 2007

Obat penangkal maut....?


Beberapa hari ini aku meminjam buku dari seorang sahabat dengan judul “Malam Pertama di Alam Kubur” Karya Dr. Muhammad bin Abdurrahman Al-Arify, Syaikh 'A'idh bin Abdullah Al-Qorni, dan Syaikh Muhammad bin Husain Ya'qub. Beberapa paragraph (walaupun semua penuh dengan makna) menarik diriku untuk dapat membaginya dengan teman-teman semua yang belum sempat untuk membaca buku tersebut. Semoga bisa menjadi bahan renungan dan mampu menyadarkan kita (khususnya saya pribadi) bahwa kehidupan dunia ini hanya sebentar dan fana semata... berikut beberapa petikan yang bisa saya dokumentasikan, semoga bermanfaat.


Wahai pemilik kematian, mengapa kau turutkan jiwamu mencari kesenangan yang fana? Maut akan merobek baju dan memisahkanmu dari kesenangan. mengapa kau hancurkan badanmu untuk meraih kesenangan yang sedikit? Allah berfirman,

Katakanlah, ” Lari itu sekali-kali tidaklah berguna bagimu, jika kamu

melarikan diri dari kematian atau pembunuhan, dan jika (kamu terhindar

dari kematian) kamu tidak juga akan mengecap kesenangan kecuali

sebentar saja ” (Al-Ahzab : 16).

Apakah kamu mempunyai obat penangkal maut? Apakah kamu memiliki tempat berlari dari padanya, atau dia akan berpaling menghindarimu? Apakah kamu tidak tahu, bahwa kematian tidak mengenal yang kecil dan dewasa, yang kaya dan yang miskin, yang kuat dan yang lemah. Ia juga tidak tahu mana yang mulia dan mana yang hina?

Engkau tidak kekal hidup di dunia ini. Atau, apakah engkau yakin bahwa dirimu akan hidup kekal didalamnya? apakah engkau tahu, tiap hari ada orang mati diusung, entah kerabat atau temanmu, mengapa mereka tidak pernah kembali lagi?

Wahai pemilik kematian, Allah 'Azza Wa Jalla telah mentakdirkan kematian dengan ketetapan yang tidak akan pernah berubah. Lalu apakah kamu dapat mencegahnya? Adakah obat yang menyembuhkan kematian? Adakah dokter yang dapat menunda datangnya keputusan?


Saya rasa segini dulu, InsyaAllah akan saya tambah lagi dilain waktu...

Post a Comment