Tuesday 4 March 2008

Localhost, Forbiddenn!!!!!


 

bagi yang sering menggunakan web browser secara offline, pasti kenal sama yang namanya localhost...!! klo yang kagak tau mendingan mateee... aja deh loe...., becanda kaleee klo emang kagak tau beneran mendingan tanya aja ma mbah google... aja yach www.google.com.

trus buat yang udah sering belajar pemrograman web, or belajar php, database mysql or whatever lah yg ada hubungannya ma internet getoh.. :-) mesti dah kebiasaan-kan askes eh salah akses :-( offline standar mesti lewat http://localhost/, buat yang make windows trus nginstall phptriad or apache triad or xampp or whatever lah yang lo suka!!! mestinya pas akses ke http://localhost/ ga akan ada masalah lagi, klo pun ada pesen cannot connect tinggal start apache or restart ulang apachenya... hue..hue..hue..., tapi buat yang make linux dalam hal ini distro suse... mestinya saat akses ke http://localhost/ akan ada pesen Forbidden akses!

Padahal dah web server apache dah jalan, padahal klo dikasih detail address-nya misal http://localhost/pspl/rc4_algorithm.php mau jalan!!! Tapi, kenapa klo cuman di kasih http://localhost/ koq malah forbidden akses ya?!?!?!? HM....hm...hm.... entah ini kenapa apakah hanya untuk komputer gw aja ato di semua distro suse, tapi setelah mencoba instal beberapa versi suse dai versi 9.0, 9.2, dan terakhir gw coba yang 10.0 mesti keluarannya sama....!!!@!@@!

setelah mengoprek-oprek n tanya sana---->>>> tanya sini<<<<<<<------ akhirnya ketemu juga kenapa....?!?!?!?!? Mungkin solusi ini berguna buat yang belum tau, tapi buat yg udah tau tolong klo gw salah dibenerin ya....!! maklum masih ijo banget gw ma linux... beberapa hal tersebut adalah: 1. Pastikan sekali lagi klo Apache dah jalan, paling gampang pake ps -ax dan klo emang apache dah jalan harusnya ada baris yang tertulis bgini "28391 ? Ss 0:00 /usr/sbin/httpd2-prefork -f /etc/apache2/httpd.conf". Seandainya belum jalan gimana?!@?!?!?!? ya... di jalanin!!! paling gampang dari pada keluar dari konsole adalah dengan masuk ke direktori /etc/init.d setelah itu maka jalankan apache dengan cara "linux:/etc/init.d # ./apache2 start" dengan bgitu maka server apache dah siap di pake...!!! 2. Sekarang kita melakukan beberapa file yang ada di direktori apache, dalam banyak hal server apache untuk suse memang dibuat beda di bandingkan dengan distro linux yang lain. HAh, pokoke ikutin aja entar juga ngerti. klo ga ngerti juga berarti gw yang kagak bisa nyampein ilmu yang sedikit ini gw punya ke temen2 semua...hiks...hiks...hiks.... Ok, langkahnya berikut ini: - masuk direktori apache : linux:/etc/init.d # cd /etc/apache2/ // ini karena suse 10 pake apache versi 2 - klo mo liat struktur kronologi file include-nya liat di linux:/etc/apache2 # vi httpd.conf //tapi kita tidak akan merubah apapun disini. - masuk ke linux:/etc/apache2 # vi default-server.conf kemudian liat di baris ke 22, kemudian ubah value-nya menjadi berikut ini "Options Indexes MultiViews None" tentu aja kagak pake tanda kutip. Setelah itu simpan kembali file tersebut. - restart apache dengan cara "linux:/etc/init.d # ./apache2 restart" setelah itu coba di web browser ketikkan http://localhost/ seharusnya sekarang sudah terlihat semua isinya!!!! 3. Koq ternyata kosong isinya!!! ya diisi aja, letak htdocs untuk suse 10 ada di /srv/www/htdocs, jadi masukkan file anda kedalam direktori htdocs tersebut. jika anda sebagai user biasa seharusnya anda tidak bisa memasukkan/menulis di direktori tersebut, dikarenakan dimatikannya akses menulis untuk group dan other, so masuk sebagai root dan beri akses untuk group dan other untuk dapat menulis. Ok, HAAAAAHHHH....segitu dulu aja ah, lagian ilmu gw juga cuman segitu masih ijo bangetzzz masih cetek bangetzzz... tapi ni sebenernya juga buat gw sendiri klo-klo suatu saat nanti lupa gimana seting apache di komputer gw kelak, yah sapa yang tau.... tapi klo bisa membantu yang lain ya... syukur alhamdulillah... lagi pula ini pengalaman pribadi yang cukup menyenangkan.... dan akhir kata, semoga hari esok lebih baik dari hari ini... Wassalamu'alaikum...

No comments: