Monday 7 April 2008

change_user_dir

Bismillah,
klo kemarin kita dah melakukan setting buat akses ke localhost, sekarang kita akan pindahkan lokasi akses default dari localhost pada suse linux. Seperti kita ketahui, pada awalnya akses localhost akan menuju ke direktori "/srv/www/htdocs", hal ini tentu tidak akan terlalu mengganggu kita memang, namun akan lebih mudah dan nyaman menurut saya jika lokasi direktori kita pindahkan ke home direktori kita aja.
Tujuan kenapa saya menulis ini hanyalah untuk dokumentasi pribadi, sekiranya suatu saat komputer saya mengalami masalah dan saya diharuskan melakukan setting ulang pada server apache maka saya sudah memiliki dokumentasinya, terus kenapa saya letakkan di blog? Ini hanya untuk backu-up sekiranya file yang saya buat dirumah hilang atau terhapus secara tidak sengaja.
Baiklah, saya kagak begitu mengerti mengenai bahasa inggris, jadi saya cuman mengganti kata yang mengandung "/srv/www/htdocs" kemudian saya simpan lagi deh file yang saya ubah itu. Ya harap maklum masih ngeraba-raba kalo masalah kayak ginian, jadi klo ada yang lebih tau mohon di bagi ya ilmunya.
Ok, saya mengubah file default_server.conf yang ada di direktori "/etx/apache2". Pada baris ke 13 kita akan menemukan DocumentRoot dari server Apache, nah lokasi inilah yang saya ubah menjadi direktori lokal pada home direktori public_html. Setelah itu restart server apache dengan cara "linux:/etc/init.d # ./apache2 restart", kemudian cek pada web browser! Seharusnya halaman yang terbuka sekarang adalah halaman di direktori public_html yang ada di home kita bukan?
Sejujurnya ini akan menjadi masalah, sebab jika kita memiliki banyak user di komputer kita akan membuat setiap user yang ada akan membuka localhost ke direktori personal public_html di home milik kita. Untuk saya ini tidak menjadi masalah untuk saat ini, sebab saya hanya menggunakan 1 user, dan orang-orang disekitar saya juga awam dengan linux. Tapi, untuk yang ingin mencoba dengan banyak user apalagi pada lingkungan yang memang agak "rawan" saya sarankan jangan mengikuti langkah yang saya gunakan.
Demikian, dan terima kasih sudah membaca. Semoga tidak mengecewakan.


Courtesy of AsyhadiOne.BlogSpot.com

No comments: