Thursday, 22 May 2008

Manipulasi image


bismillah,

Beberapa hari ini iseng mengerjakan sekeripsi, beberapa kali mentog mulu dan akhirnya pengen banget nulis di blog mengenai awalnya aku berkenalan dengan PHP dalam hal memanipulasi image. dan ini merupakan dasar yang mengawali proses dalam pembuatan sekeripsi. Walaupun sebenarnya ini tidak dimasukkan dalam sekeripsi <karena emang beda kok, ini kan cuma dasarnya>.

aplikasi ini mengenai:
1. Bagaimana memasukkan teks kedalam image/gambar,
2. Menggabungkan 2 buah gambar/image, dan
3. Mengubah dimensi dari image/gambar.

hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sudah ter-install-nya library GD pada PHP anda. Kemudian jika anda ingin menggunakan type ttf teks support, dimana nanti anda bisa mengatur sudut, ukuran dan lain sebagainya pada teks, maka pastikan bahwa FreeType Support sudah anda set value menjadi enabled. Saya sendiri menggunakan PHP 5.2.4 di System Operasi OpenSuse 10.3, namun saya yakin di setiap system operasi akan tetap bisa berjalan asalkan syarat diatas terpenuhi.

Ok, segini dulu pembukaanya. Besok akan kita mulai dengan membuat halaman yang pertama yaitu memasukkan/menggabungkan teks dengan image/gambar, dua file akan kita buat yaitu text2image.php dan textCODE.php yang mana text2image.php akan kita gunakan sebagai media input user dan textCODE.php merupakan halaman yang akan memproses dan menampilkan gambar.

Post a Comment